Universitas Nusantara PGRI Kediri Menjadi Tempat Pelaksanaan Tes Substantif PPG Prajabatan 2024 dan LPTK Penyelenggara PPG Prajabatan tahun 2024.

Berdasarkan surat edaran dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan pelaksanaan tes substantif PPG Prajabatan Tahun 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 3 s.d 7 Juni 2024

1. Apa itu tes substantif PPG Prajabatan?

Tes substantif dalam PPG Prajabatan adalah salah satu tahap penting dalam proses seleksi calon peserta PPG (Pendidikan Profesi Guru) Prajabatan. Tes ini bertujuan untuk mengukur pemahaman calon peserta terhadap materi-materi yang berkaitan dengan bidang keilmuan yang akan diajarkan.

Tes substantif biasanya meliputi materi-materi seperti konsep dasar pendidikan, kurikulum, pembelajaran, asesmen, manajemen kelas, psikologi pendidikan, dan bidang keilmuan lainnya yang relevan dengan tugas seorang guru.

Jenis soal yang diberikan dalam tes substantif bisa berupa pilihan ganda, esai, studi kasus, atau bentuk tes lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan instansi penyelenggara PPG.

2. Bagaimana tentang pelaksanaan Tes Substantif PPG Prajabatan?

Pelaksanaan tes substantif PPG Prajabatan dilakukan secara terpusat oleh institut pendidikan yang menyelenggarakan program tersebut.

setiap calon mahasiswa dijadwalkan untuk mengikuti tes yang dilaksanakan sesuai dengan waktu yang di tetapkan.

Lokasi tes tiap mahasiswa berbeda-beda tergantung dari institusi penyelenggara

3. Apa saja Persiapan untuk mengahdapi tes substantif PPG Prajabatan?

  • Memahami materi yang akan diuji.
  • Belajar secara rutin dan terstruktur
  • Diskusi materi dengan teman atau mentor
  • Buat catatan atau Mind Map
  • Istrirahat yang cukup
  • Berdoa dan percaya diri.

4. Hasil dan Pengumuman

  • Hasil tes substantif akan dinilai oleh panitia sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.
  • Hasil tes substantif PPG Prajabatan akan diumumkan kepada peserta melalui website resmi atau media yang telah ditentukan.

periksa informasi terkait jadwal pengumuman yang telah disampaikan oleh isntitusi penyelenggara. atau bisa di cek melalui web resmi https://ppg.kemdikbud.go.id

Kesimpulan

Tes substantif PPG Prajabatan merupakan langkah awal dalam proses seleksi calon guru yang berkualitas dan siap bertugas di daerah-daerah terpencil, terluar, dan tertinggal. Dengan persiapan yang matang dan tekun, diharapkan calon peserta dapat menghadapi tes ini dengan lebih baik dan meraih hasil yang memuaskan.

Semangat dan semoga berhasil dalam menghadapi tes substantif PPG Prajabatan !

Leave a Comment

seventeen − thirteen =