Kediri, 21 Mei 2024 – Kabar gembira datang bagi para peserta Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan kategori 1 gelombang 3 (K1 G3) tahun 2023. Pengumuman kelulusan telah resmi dirilis, membawa sukacita bagi ribuan guru yang berhasil menyelesaikan tahapan seleksi dan pendidikan yang ketat. Program ini merupakan salah satu langkah pemerintah dalam meningkatkan profesionalisme dan kompetensi guru di Indonesia.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tanggal 16 Mei mengumumkan bahwa sebanyak 47.441 guru dinyatakan lulus dari program PPG Daljab K1 G3 tahun 2023. Para guru yang lulus ini telah melalui serangkaian proses seleksi yang ketat, mulai dari tahap administrasi, tes kompetensi, hingga pendidikan dan pelatihan intensif yang berlangsung selama beberapa bulan. Untuk mahasiswa Universitas PGRI Kediri yang dinyatakan lulus sebanyak 256 Mahasiswa dan 5 Mahasiswa dinyatakan belum lulus.

Proses Seleksi dan Pendidikan

Proses seleksi PPG Daljab K1 G3 tahun 2023 dimulai sejak awal tahun dengan pendaftaran online yang diikuti oleh ribuan guru dari berbagai daerah di Indonesia. Setelah melalui seleksi administrasi, peserta yang lolos kemudian mengikuti tes kompetensi akademik dan pedagogik yang menjadi dasar penilaian awal. Para peserta yang berhasil melewati tahap ini kemudian mengikuti pendidikan dan pelatihan yang melibatkan modul pembelajaran teori, praktek mengajar, serta pembimbingan oleh para dosen dan praktisi pendidikan.

Harapan ke Depan

Dengan kelulusan PPG Daljab K1 G3 tahun 2023 ini, diharapkan kualitas pendidikan di Indonesia semakin meningkat. Para guru yang telah lulus diharapkan dapat mengimplementasikan ilmu dan keterampilan yang telah mereka peroleh selama mengikuti program PPG dalam proses pembelajaran di sekolah masing-masing. Pemerintah juga berkomitmen untuk terus mendukung dan memberikan fasilitas yang dibutuhkan bagi pengembangan profesionalisme guru.

Para lulusan PPG Daljab K1 G3 tahun 2023 ini kini menyandang gelar guru profesional dan siap untuk berkontribusi lebih maksimal dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Semoga keberhasilan ini menjadi langkah awal menuju pendidikan yang lebih baik di Indonesia.

Leave a Comment

fourteen + 11 =